bikin stiker ah..

Mumpung nganggur, saya kepikiran untuk bikin cutting sticker, sukur-sukur ada yang tertarik dengan hasilnya, bisa dijadikan lahan bisnis nih..haha..

pertama-tama bikin desain dulu di corel...

desain cutting sticker


Saya cukup bersyukur karena Undang-Undang HAKI belum diimplementasikan dengan baik di Indonesia, kalau sudah, wah.. bisa dituntut nih saya karena menggunakan logo-logo merk dagang beberapa produk tanpa izin..hihi..


Setelah desain dirasa fix, cukup lama juga memutuskan dimana akan buat cutting sticker ini karena ada beberapa pilihan tempat di semarang, dan beberapa telah direkomendasikan oleh beberapa rekan desainer.
Namun, karena pertimbangan dana juga yang akhirnya membuat saya mempercayakan pembuatan cutting sticker ini di 3N Jalan Menoreh Raya Sampangan.



 walau outlet dan workshop tergabung dalam kios yang sangat kecil, tapi owner dan pegawai di sana ramah, gak jaim, dan wajah ownernya mirip seorang kenalan dari Bogor, om Rudy "Rhuday" hihi..

tuh..kan..kayak Rhuday :lol:


Proses pembuatan 11 jenis stiker dengan total 65 pcs dilakukan selama 2 hari dengan total biaya Rp 85.000,00. Saya gak tau apakah dengan ongkos segitu termasuk murah atau mahal. Ternyata hari itu cukup banyak juga antrian PO di sana. Gakpapa deh, saya bisa sabar karena nggak keburu juga kok.

Esok harinya, dengan sedikit deg-degan mengira-ira seperti apa kualitas pembuatan stiker di sana, akhirnya jadi juga semuanya :grin:

hasil cutting sticker


Tanpa menunggu lebih lama, sesampainya di rumah, saya menyiapkan sebaskom kecil air sabun colek (bisa menggunakan air shampoo juga) untuk membersihkan bagian yang akan ditempel stiker dari partikel halus seperti debu dengan kain. Tanpa dibilas, lap bagian yang basah tadi menggunakan lap kering yang bersih. Kalau lapnya kotor, ya sama aja bukan ngebersihin kan namanya..hehe..

Setelah bidang yang akan ditempel stiker benar-benar kering, saatnya eksekusi :)

Dan inilah hasilnya..
Jeng..jeng..!!

logo givi di side box bagian belakang

malah jadi mirip koper jemaah haji :p

bendera merah putih dan nama di helm :D

logo givi besar di bagian belakang mobil

tulisan "ride for adventure" di pelat fitting breket

Saya bisa bilang hasil cetak dan pembuatan stiker di 3N tidak terlalu mengecewakan, dengan  skor 6 dari nilai tertinggi 10. Karena proses pembuatan masih menggunakan tenaga manual, maka ada beberapa cutting sticker yang di dalamnya terdapat gelembung udara, akibatnya sewaktu tertempel, gelembung itu tidak dapat hilang.

Namun untuk budget rendah dengan kuantitas sedikit, tempat tersebut cukup dapat saya rekomendasikan di semarang :)

cheers!

Komentar